take it or explode it

Friday, April 20, 2012

Perempuan Indonesia Berprestasi di Tingkat Dunia

9:40 AM Posted by Lily Rofil No comments

Salam pemuda Indonesia

Hayo, tidak lupa kan hari ini tanggal berapa dan ada peringatan apa di Indonesia? Hari ini tanggal 21 April merupakan peringatan Hari Kartini. Jadi, admin mau mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada semua perempuan Indonesia, baik yang ada di Tanah Air maupun di luar negara, terutama pelajar perempuan Indonesia di Universiti Malaya.



Dalam rangka Hari Kartini, admin mau membahas tentang perempuan berprestasi Indonesia. Membicarakan perempuan Indonesia biasanya identik dengan Raden Ajeng (R.A.) Kartini yang memperjuangan hak perempuan Indonesia terutama untuk mendapatkan akses pendidikan. Istilah "emansipasi" yang beliau perkenalkan lebih dari seratus tahun yang lalu masih kental di pikiran masyarakat Indonesia sampai sekarang. Jika perempuan Indonesia pada zaman dahulu dan sekarang masih diabaikan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan seperti yang berlaku sebelum era Kartini, bisa dibayangkan Indonesia tidak akan semaju sekarang. Pendidikan memang sangat penting bagi pembangunan negara dan perempuan serta laki-laki memainkan peranan penting di dalamnya. Jika perempuan diabaikan haknya untuk mendapatkan pendidikan, sudah tentu mereka tidak bisa bahu-membahu dengan laki-laki untuk memajukan ekonomi, sosial, dan politik Indonesia. Yang paling penting, dengan pendidikan yang sesuai dan setara, perempuan Indonesia juga bisa mengharumkan Indonesia di mata dunia.

Sudah banyak perempuan Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di dunia terutama di bidang pendidikan. Sebut saja Sidrotun Naim, pelajar tingkat PhD di bidang Sain Lingkungan ini pada bulan Maret lalu telah dinobatkan sebagai salah satu penerima penghargaan "the 2012 L'Oreal-UNESCO International Fellows". Wanita Solo ini  merupakan seorang daripada 15 wanita di dunia yang menerima penghargaan tersebut. Penelitian beliau di bidang molecular virology bertujuan untuk menginvestigasi dan mengubah struktur dan fungsi genetik IMNV, virus baru di Indonesia yang dapat membunuh hampir 70% populasi udang. Tentu saja hasil penelitian mahasiswa University of Arizona ini akan memberi impak besar bagi perkembangan ekonomi Indonesia terutama di bidang peternakan udang.  Yang paling penting, Indonesia bakal mempunyai ahli patologi perempuan bertaraf Internasional untuk pertama kalinya.

Yang paling baru, pada tanggal 12 April 2012 yang lalu, mantan Mentri Keuangan Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Managing Director di Bank Dunia, Dr. Sri Mulyani Indrawati telah menerima penghargaan  Madhuri and Jagdish N. Sheth International Alumni Award dari University of Illinois in Urbana-Champaign (UIUC). Beliau menerima penghargaan tersebut bagi kategori Exceptional Achievement atas prestasi menonjol beliau secara profesional di tingkat nasional dan internasional. Antara usaha besar beliau ialah  penerapan reformasi keuangan, pemberantasan korupsi di kementerian yang dipimpinnya suatu ketika dahulu, dan peningkatan foreign direct investment di Indonesia. Sangat disayangkan orang seperti beliau tidak lagi diperlukan jasanya di negara sendiri, tetapi admin yakin beliau akan terus mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Satu lagi perempuan berprestasi Indonesia yang mampu menunjukkan ke dunia bahwa film Indonesia tidak hanya sekedar film horor-porno terselubung, melainkan penuh nilai moral dan membawa pesan positif bagi masyarakat. Perempuan ini tidak lain dan tidak bukan adalah Sutradara kawakan Nia Dinata. Produser sekaligus sutradara film Arisan dan Arisan 2 baru saja menerima Achievement Award untuk dua film tersebut di acara CinemAsia Amsterdam 2012 pada tanggal 8 April lalu. Penghargaan tersebut diberikan oleh Hivos Foundation, Belanda atas kegigihan beliau mengangkat isu-isu kesetaraan gender dalam film, terutama di dua sekuel Arisan. Film-film yang beliau hasilkan memang sering menyentuh isu gender. Sebut saja film Perempuan Punya Cerita dan Berbagi Suami, kedua film ini mengangkat isu-isu gender yang masih dianggap tabu dalam masyarakat seperti pelacuran, seks bebas dan poligami.

Masih banyak lagi perempuan Indonesia yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Jika dibahas satu per satu di sini, entry ini akan sepanjang jalan Daendles, dari Anyer sampai Panarukan (lebay). Ini karena perempuan Indonesia yang berprestasi di tingkat dunia jumlahnya mungkin ribuan bahkan jutaan. Dan jumlah ini akan semakin bertambah jika kita, pelajar perempuan Indonesia (terutama anggota PPIUM), bisa segera mengikuti jejak para perempuan brilian yang admin sebutkan di atas dengan mengukir prestasi, berdasarkan cara dan bidang masing-masing. Sebenarnya pelajar perempuan PPIUM sudah pun berprestasi di tingkat internasional. Pada tahun 2009 dan 2010 yang lalu, tim Penari Saman Indonesia dari Universiti Malaya berhasil menyabet tempat kedua dan juara di ajang One World Culture yang diadakan di Nilai University College, mengalahkan puluhan tim kebudayaan pelajar International lainnya dari seluruh Malaysia. Luar biasa dan selamat untuk para pelajar perempuan PPIUM.

*sumber:
Unesco
Indonesiaberprestasi

0 comments:

Post a Comment