take it or explode it

Tuesday, July 17, 2012

Penetapan 1 Ramadhan di Indonesia yang selalu berbeda antar-kelompok agama Islam

12:39 PM Posted by Lily Rofil No comments
 Assalamualaikum

Bulan suci Ramadhan al Karim sudah dekat. Sedekat apakahTergantung. Secara rohani, itu menurut pribadi dan iman masing-masing. (hehe ^,^)v). Mudah-mudahan iman saya dan kita semua lancar-lancar saja dalam menyambut dan menjalankan puasa Ramadhan tahun ini. Amin. Nah, kalau secara lahiriyah, sebetulnya 1 Ramadhan ini kapan sih?

Menurut kalender hijriyah saya, 1 Ramadhan itu jatuh pada hari Jumat (20 Juli 2012). Tapi setelah "tanya" google, ternyata penetapan 1 Ramadhan di Malaysia dan Indonesia secara umumnya jatuh pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2012. Inipun belum pasti karena masih menunggu pengumuman resmi MUI/Kementrian Agama Indonesia.

Walaupun belum ada pengumuman resmi mengenai penetapan 1 Ramadhan, rupanya sudah ada beberapa kelompok yang memulai Ramadhan lebih dulu. Diberitakan di Metro TV bahwa Jamaah Naqsabandiyah di Kecamatan Pauh, Padang, Sumatra Barat mulai shalat Terawih pada tadi, Selasa (17 Juli 2012). Ini artinya, mulai jam 5 WIB, para penganut jamaah ini akan muemulai puasa Ramadhan pertama mereka. Alasan mereka mendahului puasa karena mereka mengaku sudah melihat hilal berdasarkan hisab dan ru'yat yang dilakukan selama 15 hari terakhir ini.

Tidak hanya Jamaah Naqsabandiyah, Jamaah An Nadzir di Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Solawesi Selatan juga menetapkan awal Ramadhan lebih dahulu daripada tanggal resmi yang ditentukan pemerintah. Mereka mulai berpuasa pada hari Rabu (18 Juli 2012), tapi menurut mereka 1 Ramadhan jatuh pada Khamis (19 Juli 2012). Pimpinan penganut jamaah yang identik dengan rambut gondrong bercat merah dan suka berpakaian hitam ini menentukan awal puasa dengan melihat tanda-tanda alam seperti air pasang laut dan juga menggunakan metode ru'yat.

Seperti biasa penentuan tanggal 1 Ramadhan di Indonesia selalu menjadi perdebatan. Masing-masing kelompok agama Islam yang berbeda aliran mempunyai cara dan penetapan sendiri. Yang paling tidak asing, penetapan 1 Ramadhan oleh organisasi Islam mainstream Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang sering sekali berbeda. Kebiasaanya, Jamaah Muhammadiyah menetapan awal Ramadhan dan Syawal lebih dahulu daripada NU yang penetapannya lebih mengikut yang digunakan oleh pemerintah Indonesia. Itu baru kelompok Islam mainstream, bagaimana dengan kelompok-kelompok Islam kecil lainnya? Seperti yang kita ketahui aliran Islam di Indonesia itu banyak sekali. Dan ini yang tidak saya mengerti.

Bagaimanapun, biar penetapan 1 Ramadhan berbeda-beda, jangan sampai ada pertikaian yang dapat menimbulkan perpecahan. Pada dasarnya kita kan satu agama, satu bangsa. Jadi sebaiknya semua dibawa santai dan damai saja. Yang terpenting, semoga amal ibadah kita selama puasa semakin baik dari tahun ke tahun serta diberkahi Allah SWT. Amin.

*Sumber:

0 comments:

Post a Comment